Memasang Chat Telegram di Website/ Blog dengan Intergram

5 months ago Escampur, Oret-oret134

Bagi Anda yang ingin memasang fasilitas chat pada blog atau website Anda berikut merupakan salah satu alternatif yang bisa dipakai yaitu menggunakan fasilitas chat dari Telegram. Sebelumnya saya juga sudah meriew sedikit tentang Aplikasi Chat Telegram sebagai layanan chat yang ringan, flexibel dan cepat dibanding dengan sekawannya yaitu WA, BBM, LINE dan lain-lain. Kali ini saya akan memberikan sedikit cara bagi siapa saja yang ingin memasang chat telegram pada website atau blog melalui bot telegram yang dikembangkan oleh Idoco dengan nama Intergram. Pada dasarnya fitur ini menggunakan metode bot pada telegram sebagai jembatan untuk membuat chat secara terbuka, dimana ID user Anda pada telegram yang akan digunakan nantinya. Dalam masalah cepat pengiriman memang tidak diragukan, namun bagi saya sendiri ada beberapa kekurangan yang mungkin saya anggap itu sebenarnya diperlukan untuk kemudahan dalam mangement chat sama multi user yang berkunjung pada website/ blog kita, yaitu salah satunya chat dari intergram ini dalam proses menjawab chat harus menggunakan metode replay message terlebih dahulu akan pesan balasan sampai pada user yang bersangkutan langsung.



Diatas merupakan sekilas gambaran tentang interaksi chat pada layanan integram yang sudah dipasang pada website/ blog Anda. Pada dasarnya untuk memasang fasilitas fitur ini sangat mudah karena sudah disediakan dalam bentuk widget untuk di pasang dalam website/ blog Anda. Untuk memulai pemasangan ada 2 langkah yang harus dilakukan yaitu sebagai berikut:

  1. Terlebih dahulu Anda harus terdaftar/ install aplikasi Telegram pada perangkat Anda, baik itu di Gadget atau Laptop. Setelah masuk Anda tinggal mencari bot Integram dengan memasukkan @Intergram setelah itu untuk mendapatkan ID Anda pada Telegram Anda tinggal Klik /start

2. Tempel cuplikan kode widget dibawah ini tepat sebelum tag <body> penutup dari setiap halaman yang Anda inginkan agar obrolan/chat muncul (Jangan lupa menambahkan ID obrolan Anda yang sebenarnya yang sudah Anda dapatkan sebelumnya biasanya berupa kode Angka).



 

Dalam pengembanganya, Intergram juga membuat beberapa customize untuk fiturnya yang sekarang Anda juga dapat menambahkan Text sapaan dengan menambahkan widget dibawah ini bisa Anda rakit sendiri untuk kata-katanya redaksionalnya.





Untuk lebih detail dalam proses pengembangannya atau memasang semua code untuk membuat bot tersebut pada server Anda sendiri bisa langsung meluncur pada pengembang daripada intergram tersebut.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat – Oh iya selamat berbuka pula… 🙂

Albert Sukmono