SSO on WP/Drupal

5 years ago Case, www12

Kita pasti sering menjumpai suatu fasilitas yang berfungsi sebagai single login antar satu web dengan web yang lain, mungkin salah satu ketika anda berkunjung pada suatu web dan ketika ingin posting maupun comment atau register anda akan diberikan sebuat option/pilihan untuk login lewat mana, baik lewat account facebook, twitter, gmail,yahoo, openID, dan lainya. Itulah disebut dengan single sign on system yang disingkat dengan SSO, fasilitas ini memang mempermudah kita untuk expansi dan integrasi dari web satu dengan web yang lain untuk masalah akses loginnya.

SSO (single sign on) sangat menarik untuk dicoba bagi anda yang berkeinginan untuk integrasi web satu dengan yang lain. Posting kali ini yaitu berbincang dan share tentang plugin yang ada di WordPress yang berfungsi sebagai single sign on site, yaitu untuk satu login untuk semuannya praktisnya untuk bicara. Ingin melihat anda coba berkunjung saja di http://wordpress.org, dan anda bisa mendownload plugin tersebut secara gratis. Plugin ini menyediakan single sign-on melalui SAML dan memberikan pengguna satu klik akses ke account merekaWordPress dari penyedia identitas seperti OneLogin.

Sangat menarik bukan patut dicoba apabila anda tertarik dan mempunyai website lebih daripada satu dengan platform berbasis WordPress. Untuk pengaturan dan cara setting plugin ini masih belum saya coba sampai detik ini, info inipun baru ketemu waktu posting ini saya unggah, dan sekarang masih dalam tahap test untuk trial dan pemasangan. Oh ya plugin seperti ini ternyata tidak hanya pada wordpress saja, di drupal juga menyiadakan fungsi seperti ini pula dalam bentuk modul tepatnya check this drupal.org, dan sekarang juga masih dalam ujicoba teman-teman,dengan team yang berbeda.

Albert Sukmono