Tampilan baru dengan beberapa fitur didalamnya – Themes Review

2 years ago Oret-oret31

Berikut dengan datang bulan Ramadhan yang pernuh berkah ini, sambil lalu merubah tampilan interface pada blog ini ke tampilan desain interface (themes) yang baru pula dengan beberapa fitur yang sedikit berbeda dengan sebelumnya dan penambahan beberapa modul/ plugin pendukung didalamnya. Untuk tampilan yang sekarang ini sudah bisa responsive dalam artian compatible dengan tampilan ketika dibuka pada browser smartphone/ mobile atau tablet. Dukungan pada fitur terdapat penambahan dalam sistem penyimpanan file foto menggunakan sistem cloud pada proses penyimpanan data foto/ gambar yaitu menggunakan plugin Cloudinary tapi masih menggunakan fitur yang free dengan beberapa keterbatasan dari sisi kuota bandwitd dan diskspace. Saya pikir cukup untuk kapasitas sebuah blog/ website dengan kepentingan personal, selain itu dengan fitur ini bisa mempercepat jalanya proses load pada data blog/ website.

cloudinay_plugin

 

Ditambah dengan dukungan plugin lainya yang berfungsi untuk preview file gambar/ foto pada postingan berupa lightbox biar sedikit manis, namun sebenarnya tampilan ini tidak seperti lightbox pada umumnya karena tampilan lightbox pada preview gambar/ foto sama seperti yang didapat dalam fitur pada Facebook.com, yaitu pada tampilan preview gambar/ foto bisa memunculkan tampilan komentar pada sisi kanan gambar/foto dan sistem komentar menggunakan akun Facebook.com. Disamping penambahan fitur ini membuat menarik, fitur ini bisa membuat/ menampung apresiasi berupa komentar terhadap lampiran gambar/ foto pada setiap postingan dan terintegrasi dengan Facebook secara langsung.

image_comment

 

Agak sedikit berbeda apabila preview gambar/ foto ini dibuka dalam gadget/ mobile/ tab, walaupun sudah responsive saya masih kurang “srek” dari sisi proposional layoutnya. Seperti screenshot yang ada diatas tersebut, selain bisa berkomentar Anda juga bisa berbagi lewat akun sosial lainya dalam bentuk button yaitu ke akun tumblr, google plus, twitter, dan pinterest. Bagi website yang ingin cepat menaikkan SEOnya metode seperti ini cukup untuk menjawab hal tersebut dengan banyaknya berbagi tidak hanya url postingan tapi juga lampirannya berupa gambar/ foto.

Ditambah sedikit lagi untuk berbagi info, blog ini juga sudah ada penambahan untuk remote database offline ke online dalam bentuk Migrate database. Hal tersebut mempermudahkan untuk pengoperasian sebuah website/ blog dengan syncronize database offline ke online secara cepat dalam memposting atau sampai pada clonning data pada website/ blog. Disamping itu pula penambahan plugin yang satu ini yaitu Google Drive as CDN, yang berfungsi untuk memanfaatkan layanan free diskspace dari Google sebesar 15GB untuk digunakan sebagai CDN (Content Delevery Network) guna mempercepat kinerja load pada website maupun blog dalam bentuk file cache. Tidak cukup itu pula setelah penambahan plugin tersebut digenjot lagi menggunakan super cache atau quick cache untuk mempercepat perfoma load file data static maupun data pada sistem website/ blog yang berplatform content management system (CMS).

Fungsi cache pada website/ blog banyak mempengaruhi kinerja sistem dalam proses load data dan metode seperti ini sudah banyak yang menerapkan oleh kalangan website/ blog yang mengenal perkembangan website. Oh ya, selain Google Drive as CDN, super chace, dan quick cache ada lagi plugin yang sudah dipasang dalam blog ini, yaitu menggunakan layanan Cloudflare untuk lebih lanjutnya tentang Cloudflare ini Anda bisa browseng lebih lanjut ke halaman websitenya langsung.

cloudflare_sc

 

Posting kali ini merupakan postingan review themes yang sekarang ini saya pake dalam blog berikut dengan beberapa komponen pendukung lainya, semoga bisa bermanfaat, 🙂

[update]

Karena ada beberapa pertimbangan akhirnya theme pada website personal saya sekarang ini kembali ke themes sebelumnya disamping karena teknis dan penyeragaman tampilan untuk semua tim yang ada di Greenboxindonesia maka akhirnya saya memutuskan untuk kembali pada tampilan sebelumnya 🙂 oh ya kali ini saya menambahkan plugin untuk penambahan beberapa fitur didalamnya yaitu plugin jatpack, cukup lumayan dan yang saya suka adalah bisa memposting tulisan melalui email secara langsung serta cukup cepat untuk proses publishnya.

Albert Sukmono