Transfer antar Bank lewat Flip.id tanpa biaya admin

Posting kali ini berbagi informasi mengenai cara alternatif lain untuk menekan biaya administrasi transfer antar bank melalui online atau bisa dikenal dengan ibanking.  Mungkin saya termasuk yang telat dalam menerima informasi ini, bahwa ada cara alternatif untuk transfer antar bank via ibangking yang bisa dibilang tidak terkana biaya sama sekali yaitu menggunakan jasa layanan dari website http://flip.id

Seperti yang pernah diketahui bagi yang biasa bertransaksi online menggunakan ibanking, untuk metode transfer antar bank via ibanking/ online dikenakan biaya administrasi yang cukup lumayan (bagi saya). Apabila Anda termasuk orang yang sering bertransaksi via online khususnya antar bank, cara ini mungkin bisa dijadikan alternatif untuk menekan biaya administrasi yang dikenakan oleh pihak bank.

Sebelum mulai untuk pendaftaran, mungkin beberapa hal yang harus disiapkan terlebih dahulu yaitu:

  1. Foto Anda pribadi setengah badan formal/ informal
  2. Foto KTP yang aktif sekarang Anda gunakan
  3. Foto Anda yang sendang memegang KTP Anda

 

Untuk proses pendaftaran pada dasarnya sangat mudah, bisa melalui email atau menggunakan SSO (single sign on) melalui akun facebook Anda, seperti pada gambar diatas. Untuk aktivasi akun pada flip.id agak sedikit membutuhkan waktu, karena verifikasi akun kayaknya masih manual yaitu diverifikasi secara manual/ langsung oleh pegawai/seseorang, yang jelas bukan sistem/robot.

Pada dasarnya fasilitas yang digunakan oleh flip.id ini secara teknis kita nitip transfer melalui akun/ ID rekening mereka untuk mentransfer sejumlah uang ke rekening yang kita inginkan. Misal kita akan mentranser ke rekening bank BCA sedangkan yang kita punyai hanya BRI, teknisnya kita akan diminta untuk transfer terlebih dahulu ke rekening flip.id yang sesama BRI, dan untuk transfer ke rekening yang kita tuju yaitu BCA akan ditransfer oleh pihak flip.id menggunakan rekening BCA nya flip.id

READ  Install beberapa Library di Ubuntu?!

Semoga bisa bermanfaat, untuk selebihnya bisa langsung meluncur dah ke http://flip.id bila ingin mencoba secara langsung dan berbagi pengamalan.

 

 

Albert Sukmono