Merubah Bahasa pada Plugin Woocommerce ke Indonesia

6 years ago Case, www116

WordPress dalam perkembanganya hingga saat ini mendukung kurang lebih dari 60 bahasa di dalam sistemnya, bahasa Indonesia salah satunnya. Dari 60 bahasa tersebut merupakan representatif dari negara yang ikut dalam mengembangkan wordpress hingga sejauh ini, untuk detailnya anda bisa berkunjung di wordpress.org dan untuk site resmi reperesentatif pengembang Indonesia pada id.wordpress.org. Bagi anda yang sudah menjalankan/ mengoperasikan wordpress sekarang ini masih berbahasa inggris anda juga bisa merubahnya dengan cara sederhana tanpa harus menguninstall wordpress anda pada server yaitu dengan beberapa langkah tentunya.

1. Disini sudah kami sediakan translate dalam bentuk file anda tinggal mendownloadnya dalam bentuk zip. Download
2. Setelah selesai download anda tinggal extract file yang anda download tadi dalam bentuk zip, yang didalamnya terdiri dari 3 file yaitu: “id_ID.mo” , “id_ID.php” , “id_ID.po”
3. Tahap selanjutnya anda tinggal memasang 3 file ini ke dalam wordpress: http://youdomain.com/wp-content/languages
4. Setelah semua dipasan pada root woordpress diatas, tahap terakhir anda tinggal setting wp-config.php pada wordpress anda, buka dan edit cari baris code define(‘WPLANG’, ”); dan rubah code tersebut dengan define(‘WPLANG’, ‘id_ID’);
Diatas menjelaskan tentang cara bagaimana merubah bahasa pada platform cms wordpress ke bahasa Indonesia, namun dalam kasus khusunya plugin/ themes pada wordpress tidak bisa berubah secara otomatis dalam bahasa Indonesia juga, oleh karena itu perlu pengaturan lagi dalam penerapan bahasa dalam plugin/ modul tersebut. Ada beberapa plugin/ themes yang terkadang tidak support untuk perubahan bahasa sesuai yang kita inginkan dan perlu penambahan pengaturan dan code pada file tersebut. Sesuai dengan judul posting diatas selanjutnya membahas cara merubah bahasa pada plugin Woocommerce di wordpress, mungkin anda sudah mengenal plugin woocommerce ini, plugin yang dibuat oleh Woothemes.com untuk membuat site model store online secara praktis.
Untuk merubah bahasa dalam plugin ini terlebih dahulu anda harus install plugin untuk created/ generate file .po dan .mo yang menggunakan bahasa Indonesia. Plugin ini support/ mendukung untuk file tersebut diatas yang ada pada root: woocommerce/languages/ didalamnya berisi beberapa file .po dan .mo bawaan dari plugin ini. Untuk membuat file .po dan .mo yang berbahasa Indonesia anda memerlurkan plugin lain untuk generate tersebut yaitu dengan plugin Codestyling Localization. Setelah itu install plugin tersebut dan aktifkan dalam site anda.Untuk pengaturan anda masuk pada menu tool dalam dashboard anda dan akan terlihat seperti dibawah ini:
p, li { white-space: pre-wrap; }

Kalau anda tidak menemukan Bahasa Indonesia didalamnya maka langkah pertama yang ada lakukan adalah membuatnya dengan tekan tombol Add New Language anda inginkan (Bahasa Indonesia) dan akan muncul secara otomatis bahasa tersebut. Pada tabel Permission anda akan melihat .po dalam kondisi warna hijau dan yang .mo masih dalam warna .mo itu berarti anda harus membuat translate ke bahasa Indonesia tersebut dalam .mo yaitu dengan cara tekan edit, maka akan muncul 2 table/ text area yang satu bahasa inggris (default) dan satunya adalah text hasil translate anda sendiri. Setelah semua selesai anda tinggal tekan save untuk menyimpannya. Finally anda untuk mengaktifkan bahasa hasil translate anda sendiri masuk pada bagian yang sudah dijelaskan diatas dalam pengaturan/ pengaktifan .po dan .mo dalam file wp-config.php setelah semua tahap selesai anda tinggal refresh atau tekan ctrl+F5 pada site anda. Semoga membantu….
 
Albert Sukmono

READ  Repost: Facebook Open Graph Meta Tag