Get code into Bitbucket fast using the command line

4 years ago Case50

Desain interface baru dan fasilitas baru dari bitbucket.org lebih social dan cepat seperti halnya github.com sebagai tandingannya. Postingan sebelumnya sudah pernah mengupas perbedaan dua website itu tadi, secara singkat pada dasarnya bangunan dan service yang disediakan pada kedua website tersebut sama hanya berbalik saja dari sisi layanan yang bersifat berbayar. Langsung pada pokok permasalahan bahwa kali ini akan mengupas sedikit tentang bagaimana cara upload code file pada repository yang ada di bitbucket.org lewat ssh – command line pada ubuntu. Untuk sistem operating windows bisa install putty terlebih dahulu untuk menggunakan fasilitas ssh -command line.

Bitbucket

Sebelum proses upload code pada repository terlebih dahulu Anda harus membuat repostoritnya pada bitbucket terlebih dahulu, misalkan dengan contoh nama repository:

 

Berikutnya pada pc/laptop Anda masuk pada folder yang sudah berisi code nantinya yang akan di upload pada repository di bitbucket dengan contoh perintah pada command line sperti dibawah ini:

 

Keterangan:

Pada line pertama merupakan perintah untuk membuat folder, yang selanjutnya line kedua perintah untuk masuk pada folder. Berikutnya git ini merupakan perintah untuk menginstall git didalam folder tersebut yang pada nantinya pada line terakhir berisi perintah untuk remote git pada repository yang sudah Anda buat pada bitbucket.org.

 

 

Keterangan:

READ  Changing the File Owner and Group on Ubuntu

Pada line pertama merupakan perintah untuk membuat file code lewat terminal dengan nama contributors.txt dan selanjutnya perintah menambahkan atau dengan cara copy paste file code yang sudah ada pada folder tersebut. Pada tahap ini merupakan tahap terakhir untuk memulai upload file code pada repository di bitbucket.org. Perintah diatas merupakan contoh perintah untuk upload file code hanya 1 file saja. Untuk mengupload semua file/ folder code pada repository Anda ada beberapa perintah yang dirubah dari perintah yang ada diatas dengan diganti seperti berikut:

 

Perintah

berfungsi sebagai perintah mendaftarkan semua file pada folder tersebut yang nantinya akan di upload kerepository, dan selanjutnya perintah kedua diatas dengan git commit -m “pesan/catatab anda’ merupakan perintah untuk memberikan sebuah catatan pada tiap file yang di daftarkan dan di upload pada repository, selanjut perintah pada line terakhir merupakan proses untuk upload file dari semua yang file code yang ada pada folder tersebut.

Tunggu hingga proses upload selesai pada command line Anda, semakin banyak file semakin lama proses uploadnya. Namun ada beberapa perbedaan cara upload seperti ini dibanding dengan melalui program git lewat Sparkleshare, melalui remote/ upload dengan cara command line yang jelas lebih cepat dibanding melalui program Sparkleshare.

Untuk perintah recommit/repull/reupload/resubmit pada repository yang sudah ada bisa menggunakan perintah yang ada dibawah ini, dan ini hanya sekedar contoh format perintah pada terminal/ssh:

READ  A new digital stage for The Sydney Opera House by Google

 

 

Albert Sukmono