Pendidikan di Indonesia “Mungkin”

3 years ago Oret-oret33

Cukup lumayan lama tidak menuliskan tentang unek unek di sini, berlatang belakang berita dari online khususnya di social network – facebooknya seorang teman yang berprofesi menjadi guru (seorang pengajar/ dedicated) telah memposting seperti gambar/ foto yang terlampir pada postingan ini. Saya memandangnya mungkin agak lain, dari sekian komentar pada postingan di facebooknya teman banyak yang kecenderungan melihat dari sisi yang berbeda dengan saya, mungkin bisa dikatakan mentahnya yaitu sedikit munghujat tema surat tersebut yang isinya menyangkut tentang permohonan seorang salah satu “Menteri” dengan bentuk surat resmi yang ditujukan kepada salah satu perusahan internet terbesar di dunia yaitu Google.inc. Gambar/ foto surat tersebut isinya tentang permohonan untuk menutup link tersebut, link tersebut merupakan dimana file dokumen negara berupa data soal Ujian Nasional (UN) tahun 2015 bisa didownload melalui akun Google Drive.

Bila saya memandang dari sudut pandang yang lain, dengan menggunakan kata “mungkin” orang tersebut takut bila banyak siswa yang tidak lolos ujian, niatanya dan tujuan agar banyak siswa bisa lulus itu baik, caranya “mungkin” yang sedikit perlu diperhatikan, bisa jadi “mungkin” orang tersebut tidak tahu cara yang lebih “smart” biar tidak diketahui oleh pihak yang berwenang, atau bisa jadi “mungkin” untuk menyimpan file saja bagi dirinya sendiri, cuman sayang linknya disebar luaskan, yang terakhir “mungkin” tidak ada kaitannya dengan itu semua. Bisa jadi itu bukan tujuan utamanya yaitu membocorkan data arsip negara berupa data Ujian Nasional (UN), akan tetapi hanya sekedar ingin dimasukkan di ‘Headline News’.

Lain kali “pake url singkat ae po’o cek praktis”, pake layanan google juga kunjungi saja di http://goo.gl atau layanan diluar google juga banyak, dan juga tidak harus drive masih banyak layanan lainnya yang menyediakan diskspace online secara gratis, misal http://mediafire.com atau http://4shared.c0m dan banyak lagi. Meski sekalipun tindakan tersebut juga tidak baik untuk “kesehatan” 😀 ditambah UU tentang dunia maya di Negara Indonesia masih belum mencapai titik kesempurnaan, perlu banyak dikaji dan diteliti ulang lebih rinci dan detail “mungkin”.

READ  Tampilan baru dengan beberapa fitur didalamnya - Themes Review

Walaupun agak ketinggalan tentang informasi seputar pendidikan, bukan berarti saya tidak interest dengan dunia pendidikan, khususnya Negara saya sendiri Indonesia. Harapan besar untuk semua anak didik bisa melalui proses pendidikan sebaik baiknya berusaha dan berupaya semaksimal mungkin untuk selalu uji diri guna membentuk mentalitas yang kuat dan berkarakter. Goodluck wis …

Albert Sukmono